Rabu, 10 Februari 2010

Obyek Wisata di Kabupaten Karimun

Kabupaten karimun merupakan sebuah pulau yang indah. Pulau ini terletak di Provinsi Kepulauan Riau-Indonesia. Pulau ini juga berdekatan dengan Negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Ada beberapa obyek wisata yang menarik di kabupaten Karimun, seperti pantai, air terjun, tempat-tempat bersejarah, sumber mata air panas, dan lain-lain.

Tidak sedikit para wisatawan mancanegara yang datang ke Karimun. Baiklah untuk lebih jelasnya anda bisa lihat sendiri beberpa obyek wisata yang berada di Kabupaten Karimun di bawah ini:

    Pantai Pelawan
Pantai Belawan dapat dicapai dengan menggunakan taksi, bus, atau bersepeda motor sekitar 30 menit dari Tanjung Balai Karimun. Pantai ini panjang dan berpasir putih. Tempatnya sangat menarik dan pemerintah daerah telah membangun rumah makan dan fasilitas lainnya. Banyak wisatawan domestik yang mengunjungi pantai ini pada hari Sabtu dan Minggu untuk berlibur.
Pantai_Palawan.JPG
    Pantai Pongkar
Pantai Pongkar adalah pantai yang panjang serta memiliki putih yang terletak di kecamatan Tebing yang mana merupakan salah satu tempat menarik yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan oleh PemerintahDaerah sebagai suatu objek wisata seperti memancing, berlayar dan oleh raga air. Objek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi lokal seperti taksi, bus dan kendaraan roda dua lebih kurang 30 menit dari pusat kota Tanjung Balai Karimun. Disekitar objek terdapat panggung kegiatan kesenian.
pongkar__600_x_450_.jpg
   Pantai Sawang
Pantai Sawang pantai yang panjang. Pengunjung dapat menggunakan taksi atau bersepeda motor. Ditempuh sekitar 30 menit dari Tanjung Batu. Disamping pantai yang sangat indah, disekitar pantai desa pengunjung dapat melihat kehidupan sehari-hari penduduk lokal melakukan aktifitas perikanan dan menikmati telur asin itik sawang.
PC091017__600_x_450_.jpg
 Pantai Lubuk
Pantai Lubuk berada di wilayah Kecamatan Kundur Desa Sawang untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu 60 menit dari Kota Tanjung Batu dengan menggunakan kendaraan roda 4. Pantai ini mempunyai kondisi alam yang berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun, terdapat batu-batu besar diujung yang disekitar batu tersebut banyak tumbuh pohon bakau. Keunikan lain dari kawasan pantai Lubuk adanya makan keramat yang telah dibangun oleh wisatawan dari Singapura.
sd.jpg
       Air Terjun
Air Terjun Pongkar dan taman rekreasi adalah tempat yang menarik berdekatan dengan gunung Jantan. Terletak di hutan lingung. Dapat dicapai dengan taksi, bus atau bersepeda motor sekitar 30 menit dari Tanjung Balai Karimun. Terdapat rumah makan, taman rekreasi dan kolam renang yang kecil di sekitar air terjun. Taman rekreasi dan air terjun ini selalu dikinjungi oleh wisatawan asing dan wisatawan lokal untuk bersantai.
Air_Terjun.jpg
    Sampan Layar
Sampan Layar Adalah salah satu permainan lomba rakyat yang tinggal disepanjang pantai di Kabupaten Karimun. Diadakan pada bulan Oktober setiap tahun di pantai Pongkar. Wisatawan dan penduduk lokal menjadi pendukung regu mereka untuk menjadi pemenang.
lyr.jpg
FestivalDangkong 
Salah satu dari kemampuan seni bersama yang diikuti oleh beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan beberapa Kabupaten di Provinsi Riau. Wisatawan dapat melihat festival ini pada bulan Oktober setiap tahun.
dkd.jpg
Batu Bertulis
Prasasti Pasir Panjang terletak di lereng bukit batu granit di wilayah Desa Pasir Panjang Kecamatan Meral.
Batu_Bertulis.jpg
Sumber Air Panas
Lokasi Sumber Mata Air Panas berada di DesaTanjung Hutan Kecamatan Buru.
airpanasedit.png
Barongsay
Salah satu dari seni tradisional Tionghoa (suku Cina). Aktivitas ini pada umumnya dilaksanakan pada hari besar Cina atau hari Nasional.
xx.jpg
Makam Keramat
Makam Keramat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk berziarah. Keunikan pada area makam ini adalah Tangga menuju makam. Jika kita menaikinya maka jumlah hitungan anak tangga tidak akan sama dengan jumlah hitungan anak tangga pada waktu menuruninya.
Picture3.jpg
Mandi Syafar
Merupakan suatu kegiatan tradisional penduduk di Kabupaten Karimun pada bulan Syafar (Penanggalan Muslim) mereka melakukan mandi Syafar untuk membersihkan dan melindungi diri dari marabahaya.
IMG_2434.jpg

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

OK...
Nice BlOG..... BsoG KariMun ULTaH

Posting Komentar

Jika anda merasa blog ini bermanfaat
Silakan tinggalkan komentar anda disini
Terima kasih...