Rabu, 05 Mei 2010

Alternatif Hemat Saat Listrik Padam

Waduh pusing..:hilo: Hampir tiap hari listrik mati. Kadang siang, kadang malam, dan malahan yang lebih parah lagi pernah di tempat saya siang malam mati. Kalau di hitung-hitung sih paling waktu hidupnya cuma beberapa jam saja.
Kira-kira kapan ya listrik di negara kita ini bisa beres? rindu ya.. kita doain aja mudah-mudahan krisis listrik ini cepat selesai..Amin..doa
Nah.. kalian semua gak nyaman kan kalau mati lampu. Kalau matinya siang sih masih agak lumayan, tapi kalau matinya malam pasti bakalan terasa gak enak banget. Udahlah gelap, panas, banyak nyamuk lagi kayak di rumah saya..:ahaha:
Bagi yang kaya dan punya banyak duit sih gak masalah. Tapi kalau kayak saya ini mah pasti bakalan gak sanggup kalau mesti pakai genset yang harganya udah jutaan, belum lagi minyaknya yang borosnya minta ampun. Kalau mau pakai lilin kurang efektif apa lagi untuk anak sekolah. Selain itu juga terlalu beresiko kebakaran (gak mau kan kehilangan rumah gara-gara sebuah lilin? he..he..he..peace).
Nah sekarang saya dah punya solusinya kalau pengen pake peralatan listrik saat pemadaman terjadi dan yang pastinya cara ini lebih hemat jika di banding menggunakan genset.
Yang perlu kalian siapin cuma accu/aki (terserah mau aki motor atau mobil) dan sebuah alat yang namanya power inverter. Harga alat ini juga sangat ekonomis yaitu cuma sekitar 300-400rb. Jauh lebih murah kan jika dibandingkan dengan genset yang sampai jutaan. Alat ini sangat kecil yaitu seukuran batu bata merah dan juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap dan bunyi seperti halnya genset. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali cuma tinggal sambungkan ke accu/aki beres. Mau di pake untuk lampu, kipas angin, tv, semua bisa! doigt
Tapi ingattakbole makin besar watt yang kita pakai maka aki akan semakin cepat habis, dan semakin besar ampere akinya maka akan semakin tahan lama. Hasil pengujian saya dengan menggunakan aki motor yang 7 ampere dan pemakaian 150 watt bisa bertahan 2 jam dan kalau menggunakan aki mobil yang 65 ampere bisa bertahan 7 sampai 8 jam.
Gimana kalau cuma punya aki motor? gampang ada solusinya.. kamu tinggal hidupin aja motor maka akan mencharge secara otomatis sambil alat digunakan. Kelebihannya lagi alat ini mempunyai alarm yang berbunyi kalau aki kita sudah mau habis. jadi kita hanya perlu menghidupkan motor kita kalau alarm sudah bunyi dan matikan lagi kalau sekiranya aki sudah cukup terisi, dan hidupkan motor lagi jika alarm kembali berbunyi, dan begitu seterusnya. lebih mudah dan hemat kan?kenyit
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Jangan lupa tinggalin komentarnya ya..terima kasih..

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda merasa blog ini bermanfaat
Silakan tinggalkan komentar anda disini
Terima kasih...